Entri Populer

Sabtu, 26 Februari 2011

KUMPULAN LAPORAN PEDULI KAMPUS

LAPORAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) PROGRAM PEDULI KAMPUS
STIE SERELO LAHAT ANGKATAN XIV TAHUN 2011
KELOMPOK XII
PADA KAMPUS STIE SERELO LAHAT KELURAHAN BANDAR JAYA LAHAT
 
  

BAB I
PENDAHULUAN
A.     ANALISIS SITUASI
STIE Serelo lahat merupakan perguruan tinggi di kabupaten lahat yang berada diwilayah kelurahan Bandar Jaya lahat yang saat ini  di lingkungan kampus yang masih hijau dan asri, dimana lokasi kampus STIE Serelo lahat berada di sekitar  taman rekreasi  ribang kemambang suatu obek wisata primadona yang ada di kabupaten lahat. Di lingkungan kampus memang masih terasa asri karena di pengaruhi oleh pepohonan yang masih subur di kawasan taman rekreasi ribang kemambang, akan tetapi di kampus sendiri masih banyak halaman-halaman yang tidak di manfaatkan  dan di tata oleh pihak lembaga dan mahasiswa sehingga masih ada kesan kurang bersih,rapi dan indah.
Kurangnya minat mahasiswa dan lembaga untuk meningkatkan sarana dan prasarana termasuk masalah kebersihan di lingkungan STIE Serelo lahat  masih banyak faktor-faktor yang kurang mendukung, mungkin kendala utamanya adalah masalah dana dan sumber daya yang ada, maka berdasarkan analisis situasi tersebut maka  mahasiswa sangat tertarik untuk melaksanakan kuliah kerja nyata program peduli kampus pada lingkungan STIE Serelo lahat di kelurahan Bandar Jaya Lahat.

B.      PERMASALAHAN
Kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa angkatan ke XIV Tahun 2011 khususnya kelompok 12 (dua belas) yang menerapkan KKN program peduli kampus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, dimana mahasiswa dapat mengamalkan ilmu pengetahuan, tehknologi dan s eni (IPTEK) yang di kuasinya secara ilmiah. Maka dengan melaksanakan KKN  program peduli kampus hendaknya dapat mengatasi masalah-masalah yang masih di butuhkan oleh mahasiswa dan lembaga yang ada di Kampus STIE Serelo Lahat sehingga mahasiswa dapat membantu memecahakan serta menanggulangi secara praktis masalah yang di hadapi masyarakat dan mahasiswa dalam melaksanakan pembangunan di lingkungan kampus,d an program-program pendukung yang direncanakan oleh maha siswa KKN Peduli  Kampus untuk meningkatkan relevansi  antara landasan teori yang di peroleh di bangku perkuliahan untuk di aplikasikan dalam kehidupan masyarakat secara nyata.

C.    TUJUAN
Adapun tujuan umum kegiatan kuliah kerja nyata program peduli kampus adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan kepedulian dan empati mahasiswa terhadap permasalahan yang ada di kampus STIE Lahat sehingga terciptanya lingkungan kampus yang bersih, indah dan berseri (BERHIBER)
2.      Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan mahasiswa terhadap lingkungan kampus STIE  Serelo lahat dan lingkungna sekitarnya
3.      Merintis pembentukan lembaga/ institusi untuk peduli lingkungan hidup, membantu pemerintah dalam pembangunan program cinta lingkungan khususnya di kabupaten lahat.

Sedangkan tujuan khusus kuliah kerja nyata (KKN) program peduli kampus STIE Serelo Lahat yaitu :

1.      Menanamkan pentingnya menjaga kebersihan dilingkungan STIE  Serelo Lahat dan sekitarnya, khusunya menanamkan cinta dan peduli kebersihan pada kampus STIE Serelo lahat .
2.      Dengan program tersebut  dapat  menyusun rencana kerja dan tercapainya program Peduli Kampus yang di laksanakan di STIE Serelo lahat .

D.     TARGET
Dalam melaksanakan KKN program Peduli Kampus target yang diinginkan adalah tercapainya tujuan program kerja inti dan program kerja pendukung serta program kerja kelompok di kampus STIE  Serelo Lahat kelurahan Bandar Jaya Lahat.
E.  LOKASI KULIAH KERJA NYATA ( KKN )
     Kegiatan Program Kerja Peduli Kampus berlokasi di Kampus STIE Serelo Lahat  Jalan Rekreasi Taman Ribang Kemambang  Kelurahan Bandar  Jaya Lahat.

F. MAHASISWA DAN PEMBIMBING LAPANGAN

Susunan Pengurus KKN Peduli Kampus
Angkatan XIV Tahun 2011 Kelompok 12

Badan Pelaksana Lapangan                     : Markus ,SE, MM
Dosen Pembimbing Lapangan                 : Gratias Roh Markus , SE, MM
Ketua                                                 : Sapriansah                          NIM : 071526
Sekretaris       I                                   : Meliaty                                 NIM : 071474
Sekretaris       II                                  : Eva Metriani                                   NIM : 082029 T
Bendahara                                        : Meri Andriana                    NIM : 071470
Anggota                                            : 1. Linoki                                NIM : 071469
                                                              2. Lukman                            NIM : 071462
                                                              3. Mardiato                         NIM : 071476
                                                              4. Marlin Tri Saputra            NIM : 071466
                                                              5. Chandra Utama             NIM : 103131 T


BAB II
RENCANA  PELAKSANAAN DAN HASIL PROGRAM


A.     PERENCANAAN PROGRAM
1.      Sosialisasi Program KKN Peduli Kampus
Sejalan dengan dilaksanakan program inti yang telah di program dan di sosialisasikan terlebih dahulu oleh Panitia Pelaksana dari Pihak Lembaga Kampus STIE Serelo Lahat .Hal ini bertujuan untuk menjelaskan dan pembukaan Mahasiswa KKN  Peduli Kampus STIE Serelo Lahat yang akan dilaksanakan di Kampus STIE Serelo Lahat tersebut.
           
Pembukaan dan Sosialisasi dilaksanakan Pada hari Jum’at tanggal 04 Februari 2011. Dengan dilaksanakannya KKN Program Peduli Kampus STIE  Serelo Lahat  yang dijadikan lokasi KKN Mahasiswa Angkatan ke XIV Tahun 2011  dengan tujuan untuk mendekatkan peserta kelompok dengan kelompok lainnya diharapkan supaya kegiatan yang direncanakan dapat membantu tercapainya program –program KKN peduli Kampus  yang dimaksud.

Selain Silahturahmi dan kegiatan – kegiatan yang lainnya yang dilaksanakan sesuai dengan program dan jadwal yang ada,peserta kelompok diupayakan untuk memulai Pelaksanakan Kegiatan Program Mingguan. Maka kami kelompok 12 ( dua belas ) pada minggu pertama dan minggu kedua  memulai pelaksanaan pembuatan taman kampus  dan tanaman apotik hidup yang bertujuan untuk menjadikan lingkungan Kampus STIE Serelo Lahat Menjadi Bersih Indah dan Berseri serta sehat sesuai dengan tema kami tuangkan dalam laporan kegiatan program kerja.

2.       Penataan dan Indenfikasi potensi permasalahan
Kampus STIE Serelo Lahat di kelilingi oleh tempat rekreasi objek wisata Taman Ribang Kemambang , lingkungannya masih hijau dan Asri serta jalannya sudah cukup lancar dan mulus sehingga memudahkan orang – orang untuk menuju dan berkunjung ke tempat Rekreasi dan melaksanakan proses belajar mengajar di Kampus STIE Serelo Lahat, akan tetapi yang menjadi kendala apabila dikunjungi malam hari. Mahasiswa yang belajar  atau Kuliah malam hari disekitar jalan menuju Kampus serta lingkungan kampus belum adanya penerangan lampu jalan yang optimal. Maka kami berharap  Kepala Pihak Lembaga  Instansi yang terkait serta Pemerintah Daerah dapat membantu Penerangan Lampu mengingat disana merupakan kawasan Objek Wisata dan Pusat Pendidikan yang sangat berpotensi untuk membantu kemajuan program pemerintah dibidang Pariwisata dan Pendidikan.

Berdasarkan gambaran diatas diperoleh kesimpulan tentang dasar dan indetifikasi potensi dilingkungan Kampus STIE Serelo Lahat antara lain :
1.    Memang benar sudah diperlukannya di bangun Sarana dan Prasarana Penunjang untuk Kegiatan Proses Belajar Mahasiswa, karena saat ini minat masyarakat Kabupaten Lahat untuk meningkatkan Jenjang Pendidkan di Kabupaten Lahat cukup tinggi khususnya Kuliah di kampus STIE Serelo Lahat.
2.    Dan sangat diperlukannya dihalam Kampus STIE Serelo Lahat dibuatkan Halaman Parkir dan dibuatkan taman – taman kampus, sebagai sarana pendidikan terciptanaya kelancaran proses perkuliahan dan menciptakan minat belajar mahasiswa dikampus terasa nyaman dan asri.
a)     Sasaran Objek
   Berdasarkan permasalan diatas yang menjadi sasaran objek dalam kegiatan KKN Peduli Kampus ini yaitu Pembangunan gedung baru dan halaman parkir yang termasuk  dalam program inti dan pembuatan taman kampus serta tanaman apotik hidup yang termasuk dalam program pendukung kelompok.
b)     Sasaran Subjek
Adapun sasaran subjek subjek kelompok 12 ( dua belas )dalam program KKN Peduli Kmapus Angkatan XIV tahun 2011 yaitu program kegiatan social dengan cara mengunjungi dan memberikan bantuan dana ke Panti Asuhan Putra di Kelurahan Talang Jawa  Kecamatan Lahat.


Sasaran Program
Kuliah Kerja Nyata dalam program Peduli Kampus mempunyai tiga kelompok sasaran, yaitu :
a.     Bagi mahasiswa
1)      memberikan pengalaman langsung untuk memberikan konsep-konsep ilmu pengetahuan yang diperoleh  selama menempuh pendidikan di STIE Serelo Lahat
2)      menemukan dan menerapkan konsep ilmiah yang telah dimilikinya secara komprehensif
3)      melibatkan diri secara langsung dalam proses pembangunan manusia
4)      menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait secara serasi, selaras dan sejalan.
b.     Bagi masyarakat dan pemerintah daerah
1)      membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan terutama dalam bidang pendidikan, persekolahan dan pendidikan luar sekolah
2)      membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengembangkan kemampuan kader-kader penerus pembangunan desa.
c.     Bagi STIE Serelo Lahat
1)      mewujudkan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi secara terpadu, selaras dan seimbang dengan kebutuhan masyarakat.
2)      mendapatkan umpan balik dari masyarakat guna memperbaiki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
3)      memantapkan program peduli kampus sebagai sarana belajar praktis, efektif dan efisien.

Penyusunan Kegiatan Mingguan KKN Program Peduli Kampus
Periode Tanggal 04  s/ d  11 Februari 2011

NO
HARI / TGL
WAKTU
DESKRIPSI KEGIATAN
1
Jum’at
4 -2- 2011
08:00 – 09:00 Wib
09:00 – 12:00 Wib
12:00 – 13:00 Wib
13:00 – 16:00 Wib
Persiapan Pembukaan
Rapat Koordinasi Kelompok
Isoma
Cheking lokasi
2
Sabtu
5-2-2011
08:00 – 09:00 Wib
09:00 – 12:00 Wib
12:00 – 13:00 Wib
13:00 – 15:30 Wib
15:30 - 16:00 Wib
Kebersihan Lingkungan Kampus
Persiapan Pembuatan Taman Kampus
Isoma
Lanjutan Pembuatan Taman Kampus Apel Sore
3
Senin
7-2-2011
08:00 – 09:00 Wib
09:00 – 12:00 Wib
12:00 – 13:00 Wib
13:00 – 16:00 Wib
Apel  pagi
Pembuatan Taman Apotik Hidup
Isoma
Lanjutan Pembuatan taman apotik hidup
4
Selasa
8-2-2011
08:00 – 12:00 Wib
12:00 – 13:00 Wib
13:00 – 16:00 Wib
Pembuatan Taman Kampus
Isoma
Lanjutan Pembuatan Taman Kampus
5
Rabu
9-2-2011
08:00 – 12:00 Wib
12:00 – 13:00 Wib
13:00 – 16:00 Wib
Pembuatan Taman Kampus
Isoma
Lanjutan Pembuatan Taman Kampus
6
Kamis
10-2-2011
08:00 – 09:00 Wib
09:00 – 10:00 Wib
10:00 – 12:00 Wib
12:00 – 13:00 Wib
13:00 – 16:00 Wib
Kebersihan Lingkungan Kampus
Rapat Evaluasi Kelompok
Lanjutan Pembuatan Taman Kampus
Isoma
Lanjutan Pembuatan Taman Kampus
7
Jum’at
11-2-2011
08:00 – 11:00 Wib
11:00 – 1300 Wib
13:00 – 14:00 Wib
14:00 – 16:00 Wib

Lanjutan Pembuatan Taman Kampus
Sholat Jum’at bersama
Isoma
Lanjutan Pembuatan Taman Kampus
Penyerahan Laporan Program Kerja dan Laporan Mingguan
 Deskpsi langkah- langkah kegiatan kelompok 12 lakukan adalah sebagai berikut :
Ø      Pada minggu pertama
( Program Pembuatan Taman Kampus & Apotik Hidup )
Ikut  berpatisifasi dalam kegiatan ini .kelompok 12 Mahasiswa KKN Angkata XIV  melakukan Pembuatan Taman Kampus dan Apotik Hidup di lingkungan Kampus STIE Serelo Lahat.
                                                                                     
A.  PROGRAM KERJA YANG DILAKSANAKAN ( HASIL FISIK PEKERJAAN )
Program Pembuatan
No
Nama Kegiatan
Lokasi
Peserta
Kondisi (%)

1

2

Program Pembuatan Taman Apotik Hidup
Program Pembuatan Taman Kampus

Kampus STIE

Kampus STIE

Kelompok 12

Kelompok 12

50 %

50 %

B.   HASIL YANG DICAPAI
Kegiatan KKN Peduli Kampus dapat dicapai dengan indikatornya sebagai berikut :
Ø      Peningkatan partisipasi setiap Mahasiswa atas kegiatannya terhadap Kampus STIE Serelo Lahat dan lingkungan masyarakat sekitarnya
Ø      Terciptannya lingkungan Kampus yang Bersih, Indah dan Berseri (BERHIBER)

C.  KENDALA-KENDALA
Ø      Kurangnya pengetahuan terhadap pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya tekhnik atau yang tidak berhubungan dengan jurusan yang di tempuh selama kuliah
Ø      Terhalangnya pekerjaan disebabkan oleh faktor cuaca
Ø      Kekurangan dana  

D.  SOLUSI
Ø      Kelompok mengadakan rapat koordinasi dan evaluasi untuk menindak lanjuti, serta   koordinasi ke DPL, BPL, Serta Instansi lain guna memperoleh bahan referensi yang sifetnya tekhnis.
Ø      Kelompok mengajukan proposal atau sponsor ke perusahaan-perusahaan yang ada di kabupaten Lahat dengan kapasitas dan jumlah dalam skala kecil.
                                                              
BAB   III


REKOMENDASI DAN TINDAK LANJUT PROGRAM


A.     REKOMENDASI
Berdasarkan permasalahan dan kendakla-kendala yang kami temui dalam KKN Peduli Kampus di Kampus STIE Serelo Lahat Kelurahan Bandar Jaya Lahat ada beberapa solusi yang kami rekomendasikan untuk permasalahan-permasalahan tersebut, antara lain :
1.      Diharapkan kepada pihak lembaga kampus dan mahasiswa untuk dapat menjaga secara kebersamaan  hasil dari kegiatan yang telah diciptakan oleh mahasiswa KKN Peduli Kampus Angkatan XIV Tahun 2011 sehingga apa yang kami perbuat dalam program kegiatan ini dapat berguna sesuai dengan manfaat dan tujuannya.
2.      Kami mengharapkan kritik, saran dan petunjuk selanjutnya dari Dosen Pembimbing Lapangan yang sifatnya membangun, dengan harapan apa yang telah kami laksanakan dalam program-program yang telah kami kerjakan pada KKN Peduli Kampus ini khususnya Kelompok 12 dapat dituangkan sebagai bahan laporan akhir KKN Peduli Kampus.

B.      TINDAK LANJUT PROGRAM
1)      Beberapa program yang akan kami rekomendasikan untuk segera ditindaklanjuti antara lain :
a.     Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Bentuk kegiatan melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW di aula Kampus STIE Serelo Lahat
b.     Bhakti sosial
Ø      Penanaman pohon dan kebersihan taman kota
Ø      Kunjungan sosial dan memberikan bantuan ke Panti Asuhan Putra di Kelurahan Talang Jawa Lahat
Ø      Olahraga dan seni
Lomba karaoke dan joget antar kelompok
2)      Rencana program kelompok ( program pendukung ) yaitu pembuatan kotak sampah organic dan non organic.
 




 



 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar